Jumat, 01 April 2016

Objek Wisata Pantai Cijayana Garut Jawa Barat

Kita sering mendengar Negeri diatas Awan, akan tetapi jarang singgah di telinga "Laut diatas Awan",  itulah yang akan anda dapatkan saat berkunjung ke Objek Wisata Pantai Cijayana Bungbulang Garut. Deburan Ombak dan posisi laut seakan berada diatas kita, luar biasa ... amazing, pemandangan yang cukup sulit didapatkan di lokasi Objek Wisata Pantai lainnya di kota Garut.

Begitu banyak Tempat Wisata di Garut dengan pemandangan yang indah dan alami di kota Dodol tercinta ini, sayangnya memang dibutuhkan waktu, tenaga dan sedikit pengorbanan agar bisa sampai ke lokasi rekreasi yang mempunyai view ekstra ordinary, karena hukum alam pemandangan yang indah dan menawan biasanya harus ditempuh melalui perjalanan yang terjal dan berliku.

Kawasan Objek Wisata Pantai Cijayana tidak jauh berbeda dengan objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Garut, karakteristiknya sama dengan karang yang indah dengan deburan ombak Pantai Selatan.

Pantai Cijayana merupakan tempat rekreasi yang masih alami, belum ada fasilitas umum yang dibangun. Daya tarik objek wisata ini panorama pantai yang indah dan wisatawan bisa melakukan aktivitas diantaranya memancing ikan, berkemah, menikmati makanan laut dengan sajian yang sederhana.

Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana Kecamatan Bungbulang, sekitar 87 km dari pusa Kota Garut atau ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 4 - 4,5 Jam. Bertetangga dengan salah satu Wisata Pantai Garut Selatan yang tidak kalah menariknya yaitu Pantai Rancabuaya.

Pantai Cijayana yang banyak dikunjungi orang adalah wilayah pantai di mana Sungai Cikandang bermuara. Selain karena pantainya landai, di tempat ini pada bulan-bulan tertentu menjadi tempat dilangsungkannya tradisi nyalawena, yakni tradisi berburu impun.

Selain itu, pantai ini menjadi surga para pemancing. Di muara Sungai Cikandang inilah banyak hidup ikan air tawar dan air asin. Terkadang, para pemancing memanfaatkan pantai yang landai untuk melemparkan pancingnya ke tengah laut.

 
Ketika musim nyalawena tiba, dan impun dari tengah lautan berbondong-bondong menuju muara sungai untuk bermigrasi ke wilayah daratan, orang-orang akan berbondong-bondong pula datang ke pantai ini. Bahkan ada yang datang dari tempat-tempat yang jauh. Jika kebetulan impun berjibun, pantai Cijayana bak pasar malam yang penuh sesak oleh manusia.

Untuk wisatawan yang akan pergi ke Pantai Cijayana, dengan kendaraan umum tujuan Garut - Bungbulang (Elf), dilanjutkan dengan kendaraan ojeg sampai ke lokasi kurang lebih sejauh 16 km.
Sedangkan untuk infrastrukturnya secara keseluruhan infrastrur tersebut ditinjau dari lokasi pemukiman terdekat, yaitu berupa sumberdaya listrik yang berasal dari PLN (untuk kawasan pemukiman terdekat), sumber air berasal dari sumur ? sumur yang terletak di pemukiman penduduk yang memiliki kualitas air yang cukup baik dari segi kejernihan, rasa, dan bau airnya yang normal. Untuk menuju kawasan pantai Cijayana terdapat jalan raya dengan kelas; jalan kecamatan yang mempunyai lebar 3 m, terdapat jalan akses menuju lokasi pantai dengan lebar jalan 3 m dan panjang < 1 km dengan kualitas yang cukup. Sedangkan untuk transportasinya terdapat kendaraan umum yang berupa ojek dengan biaya berkisar Rp. 2000-5000 / orang (dari kampung terdekat ke lokasi pantai). Fasilitas pendukung yang ada di pemukiman terdekat yaitu berupa warung; yang terdapat di depan jalan masuk ke lokasi pantai, tempat ibadah berupa musholla penduduk,fasilitas kesehatan berupa Puskesmas pembantu, dan fasilitas keamanan desa setempat yang menunjang keamanan menuju ke lokasi.

Pantai ini memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya. Dan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai yang masih belum terkelola ini adalah ; menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai. Adapun pola kepemilikan lahan dari kawasan pantai Cijayana adalah tanah desa yang diperuntukkan guna pertanian, alokasi tempat pariwisata, dan sebagian besar masih berupa tanah kosong yang belum dikelola.

About Roniyadi :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By inigarutku !

0 komentar:

All Rights Reserved. 2014 Copyright PICKER

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : inigarutku

Top