Minggu, 13 Maret 2016

Objek Wisata Kawah Darajat Garut Jawa Barat

Garut merupakan kabupaten yang memiliki berjuta potensi baik dibidang kesenian, kuliner, budaya,juga tempat wisatanya. salah satunya adalah Puncak darajat. merupakan sebuah tempat wisata yang baru di bangun 2010.puncak darajat waterboom and hotspring water bertempat di Km 25 pasirwangi garut. sejak dibuka temapat wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung yang hendak berlibur bersama keluarga baik di hari libur maupun di hari biasa.

Ada banyak pasilitas yang di sediakan puncak darajat, kolam pemandian air panas, waterboom, ember tumpah. tidak hanya kolam air panas dengan fasilitas yang sangat komplit, untuk pengunjung yang membawa serta keluarganyadan ingin merasakan sensasi baru berjalan-jalan di puncak, bisa mencoba wisata berkuda atau untuk para petualang sejati bisa mencoba ATV di track yang ada di puncak darajat.

untuk anda yang suka dengan permainan yang bisa mengasah keberanian anda, anda bisa mencoaba flyingfox yang merupakan flaying fox terpanjang di garut. selain itu ada juga permainan shaking bridge. tempat outbound yang luas membuat anda nyaman berwisata di puncak darajat.


Kawah darajat adalah salah satu objek wisata di Garut yang memiliki keindahan yang masih segar. Kawah darajat terletak dibawah gunung api Papandayan. Lokasi tersebut menjadikan Darajat menghasilkan air panas seperti halnya di Cipanas Garut. Potensi ini dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk membangun sebuah pemandia air panas di bilangan darajat.


Anda bisa mengakses kawah darajat melaui Jl. Raya garut-Samarang_Pasirwangi-Darajat yang seudah diperbarui oleh pemerintah Garut. Dulunya jalan tersebut memiliki banyak lubang sehingga anda memerlukan waktu yang cukup lama.

Sepanjang perjalanan menuju darajat, anda akan melihat beberapa perkebunan teh. Selain itu, hamparan ladang sayuran seperti kol, lobak, wortel, terong, bawang,  dan cabe akan menyambut kedatangan anda. Tak jarang petani yang menanam stroberi. anda juga bisa memetik stroberi disini.

Jalan yang berliku-liku menambah sensasi asyiknya menuju puncak darajat. saran saya, coba anda buka jendela mobil anda dan rasakan betapa segar dan menyejukkannya udara khas pegunungan tersebut.

Disana anda akan menemukan sebuah waterboom, tentunya dengan air panas yang senantiasa memanjakan tubuh anda. Lokasi pemandian ini terletak di puncak darajat. Jika anda beruntung dan cuaca sedang cerah, anda akan menikmati hamparan ladang sayuran dan jalan yang berkelok menjadi ciri khas. Kota Garut tampak kecil dari kejauhan, namun tidak mengurangi eksotisme pemandangan ini.

Tak hanya waterboom, anda bisa menikmati sejuknya hawa darajat dan mengitari puncak darajat dengan mengebdarai ATV. Outbound di alam bebas juga menjadi daya tarik tersendiri.

Di puncak Darajat anda akan disuguhi deretan pohon pinus yang begitu mempesona. Hijaunya pinus dijamin membuat mata anda menjadi segar kembali.


Lingkungan Fisik
Kawah Darajat terletak di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi. Objek wisata ini memiliki daya tarik berupa kawah yang menghasilkan uap panas serta reka bentuk alam berupa pegunungan dan perkebunan. Pengunjung yang datang ke kawasan Kawah Darajat dapat melakukan aktivitas wisata tracking, menikmati pemandangan serta penelitian gunung berapi. Saat ini Kawah Darajat dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina. dengan status kepemilikan lahan oleh PT Perhutani. Luas keseluruhan Kawah Oarajat ini sekitar 40 Ha, dan pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berwisata harus memiliki izin dari pihak Amoseas. Perizinan ini dibertakukan karena kawasan ini merupakan kawasan perindustrian dan juga bahaya gas alam.
Adapun batas administrasi dari kawasan ini adalah :
Utara     : Desa Padaawas
Barat      : Kawasan cagar alam
Selatan     : Desa Sarimukti
Timur     : Desa Padaawas

Kualitas lingkungan dikawasan ini dapat dilihat dari tingkat kebersihan dan bentang alam yang sangat terjaga. Untuk ukuran suatu kawasan industri kawasan Kawah Darajat ini tergolong bersih, tidak tercfapat pencemaran sampah dan vandalisme.

Aspek Khusus
Kawah darajat merupakan bagian dari barisan gunung Papandayan dengan 2 jumlah kawah aktif dan 24 buah sumur uap yang digunakan oleh pihak Amoseas sebagai tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Ketinggian rata-rata kawah ini adalah 1920 meter di atas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan benembah.
Fasilitas yang mendukung kegiatan Pariwisata di kawasan ini adalah
- Tempat parkir, terletak di halaman depan gedung utama PT.Amoseas dengan daya tampung 20 mobil.
- Pintu masuk dengan kondisi yang cukup baik yang ditujukan untuk menjaga kawasan industri PT Amoseas sekaligus untuk mengendalikan pengunjung yang masuk.
Papan penunjuk arah
- Pelayanan informasi yang terdapat pada setiap pos jaga dengan kondisi dan pelayanan yang cukup baik.

Aksesibilitas
Untuk berkunjung ke Kawah Darajat dapat menggunakan. mobil pribadi atau kendaraan umum dengan rute Tarogong - Pasirwangi dengan biaya Rp 3000/orang. Jalan akses yang terdapat di kawasan kawah Drajat memiliki lebar ? 5m dan panjang jalannya ? 3 Km.

About Roniyadi :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By inigarutku !

0 komentar:

All Rights Reserved. 2014 Copyright PICKER

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : inigarutku

Top