Sabtu, 12 Maret 2016

Objek Wisata Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk Garut

Salahsatu dari beberapa wisata pantai di Garut yang selalu menjadi tujuan banyak pengunjung ketika musim libur tiba adalah pantai Sayang Heulang.Pantai ini memang sudah lama menjadi objek wisata pantai di Garut yang terkenal akan keindahan pantai dan ombaknya yang besar.Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk,Garut Jawa Barat.Jarak tempuh dari kota Garut ke Pantai ini dengan menggunakan mobil atau motor dengan kecepatan 40 km/jam memakan waktu sekitar 3 jam karena sepanjang jalan khususnya setelah Kecamatan Cikajang sampai pameungpeuk banyak tikungan tajam dan jurang yang dalam.Jadi,bagi yang belum tahu medan,tidak direkomendasikan membawa kendaraan dengan kecepatan lebih dari 4o km/jam.

Pantai Sayang Heulang merupakan sebuah objek wisata alam yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, dengan temperatur antara 17 0C - 28 0C, penyinaran matahari di sekitar pantai terik, dan kekuatan tiupan angin cukup besar. Konfigurasi umum lahan berupa dataran dengan kemiringan curam pada daerah sekitar pantai dan stabilitas tanah yang baik. Kondisi perairan berwarna berwarna hijau kebiru-biruan dengan bau normal, temperatur normal, rata-rata tinggi gelombang 2 - 3 meter.

Ramainya pengunjung  yang ingin menikmati malam tahun baru di pantai ini sudah saya rasakan ketika memasuki gerbang pertama menuju pantai ini.Meskipun jarak dari gerbang utama menuju sayang heulang masih berjarak 3 km namun kendaraan sudah padat merayap.Sesampainya di are parkir,terlihat barisan kendaraan sudah memenuhi are parkir.Jika kami yang tiba pada sore hari dan langsung mencari tempat beristirah,kami jamin tidak akan dapat karena semua tempat istirahat sudah penuh.Untungnya salah seorang teman sudah berangkat duluan dan tentunya telah mempersiapkan penginapan sebelum kami tiba.

Jika hari libur tiba khusunya tahun baru,objek wisata Pantai Sayang Heulang ini pasti dipenuhi banyak pengunjung termasuk saya bersaya keluarga yang menghabiskan waktu liburan tahun baru 2013 kemarin di pantai ini.Menghabiskan waktu libur akhir tahun di pantai ini adalah hal yang  menyenangkan,selain bisa menikmati indahnya pantai serta hamparan pasir putih yang luas,pada malam tahun baru bisa menyaksikan pesta kembang api yang meriah.

Para wisatawan yang datang ke pantai ini disuguhkan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain volley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut.
Areal disekitar pantai juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun dan iringan petikan gitar yang indah  di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini  merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah terlupakan.

Pantai Sayang heulang merupakan pantai berkarang yang bisa anda temukan di salah satu sisi pulau santolo. Keunikan dari pantai sayang heulang ini adalah adanya bentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai.Disaat surut anda bisa berjalan di sepanajng bentang karang ini bahkan sampai ke sisi laut langsung. Anda bisa menemukan banyak ikan kecil berwarna warni yang terjebak di antara karang .

Untuk menuju lokasi wisata pantai santolo, pulau santolo, dan pantai sayang heulang diatas, anda bisa melalui:
Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk . 
Kondisi jalan sudah bagus, hanya di sebagian kecil jalan yang masih bergelombang .
    
Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Santolo . 
Jalan sudah bagus, namun disebagian jalan masih dalam proses pembangunan. Saat artikel ini dibuat sepanjang jalan antara Rancabuaya – Santolo kondisi cukup rusak / dalam proses pembangunan.

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan angkutan Elf dari Garut jurusan terminal guntur – Pameungpeuk. Dan disambung dengan angkutan desa ke pantai Pameungpeuk. Sarana umum seperti Mesjid, toilet, rumah makan, dan tempat menginap sudah banyak tersedia dengan tarif cukup murah.

About Roniyadi :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By inigarutku !

0 komentar:

All Rights Reserved. 2014 Copyright PICKER

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : inigarutku

Top