Jumat, 29 April 2016

Objek Wisata Kebun Binatang Bandung

Sejarah Kebun Binatang Bandung


Berbagai wahana rekreasi di Kebun Binatang Bandung
  • Flying fox
  • Taman bermain
  • Kolam untuk perahu dan perahu bebek

Fungsi Kebun Binatang Bandung bagi masyarakat

  • Fungsi kebudayaan. Kebun Binatang Bandung sebagai tempat rekreasi yang di dalamnya terdapat wahana pergelaran seni budaya, tentunya mempunyai fungsi kebudayaan, yaitu dapat menanamkan kesadaran dan rasa cinta tanah air melalui pengamatan dan pemahaman kekayaan budaya, serta pengamatan dan pemahaman kekayaan flora dan fauna.
  • Fungsi pendidikan dan Iptek. Kebun Binatang Bandung merupakan sebuah wahana yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan edukatif untuk menambah pengetahuan dan untuk menghasilkan butir-butir pengetahuan baru yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Kebun Binatang Bandung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai objek riset atau penelitian di berbagai keilmuan.
  • Fungsi perlindungan dan pelestarian kekayaan alam. Kebun Binatang Bandung sebagai tempat dimana wahana flora dan fauna dikembangkan dan dilestarikan, berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan berbagai satwa flora dan fauna dengan tujuan menjaga kekayaan alam.
  • Fungsi rekreasi. Kebun binatang bandung tentunya mempunyai fungsi sebaga tempat rekreasi bagi masyarakat.

Bandung tak hanya terkenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata alam, namun juga sebagai salah satu tempat konservasi dan cagar budaya. Bandung memiliki kebun binatang Bandung, yang merupakan salah satu cagar budaya, cagar alam dan juga merupakan tempat konservasi. Kebun binatang tersebut terletak sangat strategis yaitu diantara kampus terkenal Institut Teknologi Bandung juga sungai cikapundung. Lebih tepatnya lokasinya berada di jalan Kebun Binatang No 6 Taman Sari, Bandung, Jawa Barat.  Kebun binatang Bandung ini telah lama berdiri bahkan telah di resmikan pada tahun 1930 oleh BZP (Bandung Zoological Park) yaitu pada saat Indonesia masih di jajah oleh Belanda, hingga pada tahun 1948 kebun binatang ini banyak mengalami perubahan karena sempat vakum sejak pemerintahan Jepang di Indonesia.

Kebun binatang Bandung memiliki luas sekitar 14 hektar dimana tak hanya satwa yang ada di dalamnya tapi juga beberapa tumbuhan yang sengaja di tanam dan di rawat, selain itu juga terdapat beberapa tempat wisata di dalamnya. Kebun binatang Bandung juga merupakan salah satu tempat di selenggarakanya pentas budaya dan seni oleh pemerintah kota Bandung. Sehingga tak hanya di sebut sebagai kebun binatang, tetapi juga cagar Budaya.

Di kebun binatang Bandung ini terdapat berbagai macam satwa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia juga yag berasal dari Dunia. Disini pengunjung bisa memberi makan satwa-satwa tersebut dengan syarat makanan tersebut haruslah dari kebun binatang dan atas panduan petugas, hal tersebut di lakukan semata mata untuk mencegah keracunan dari satwa-satwa itu sendiri. Di kebun binatang Bandung ini memiliki 1800 aneka satwa, ada yang di biarkan hidup di alam terbuka dan ada juga yag tinggal di kandang. Tak hanya di hibur dengan berbagai macam satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam wahana yang tersedia seperti flying fox, kolam renang bahkan tempat bermain anak seperti ayunan, perosotan, tempat memancing dan lain sebagainya.

Bila pengunjung merasa kelalahan ketika berkeliling untuk melihat satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung ini, maka mereka bisa menunggang gajah ataupun menunggang unta yag berasal dari gurun pasir, tenang saja hal tersebut tetap dalam pantauan petugas. Selain satwa, disini anda juga bisa melihat berbagai macam jenis tanaman yang memang di budidayakan di sini, tanaman tersebut terdiri dari berbagai jenis dan terdiri dari pohon yag kecil hingga pohon yang besar.

Bagi anda para pecinta foto ataupun selfie dan ingin mendapatkan gambar yang lebih bagus maka anda dapat menyewa salah satu fotografer yang ada di kebun binatang Bandung ini, dari pihak pengelola memang sudah menyediakan beberapa fotografer yang khusus untuk di sewakan bagi para pengunjung. Namun tak masalah jika anda ingin berhemat dan tidak menggunakan jasa fografer, anda bisa mengambil gambar dari kamera hendphone anda sendiri ataupun mungkin dari kamera yang anda bawa.

Tiket masuk di Kebun binatang Bandung ini cukup murah yaitu sekitar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak di atas 3 tahun, bila yang kurang 3 tahun maka tidak di hitung ataupun di gratiskan. Namun, biasanya harga tersebut berubah pada waktu waktu tertentu seperti pada saat hari libur dan akhir pekan.


Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32. Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini.
Pada tahun 1956, atas inisiatif dari Raden Ema Bratakusumah, Bandung Zoological Park dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.


Sumber Refernsi :

  • http://www.wisatatiga.com
  • https://id.wikipedia.org


About Roniyadi :

Lorem ipsum dolor sit amet, pericula qualisque consequat ut qui, nam tollit equidem commune eu. Vel idque gloriatur ea, cibo eripuit ex.
View All Posts By inigarutku !

0 komentar:

All Rights Reserved. 2014 Copyright PICKER

Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates Designed By : inigarutku

Top